gambar foto pantai ndaki sukorejo sudimoro pacitan
PANTAI NDAKI PACITAN [Sukorejo - Sudimoro]

Pantai Daki ini adalah pantai yang masih satu kawasan dengan Teluk Bawur yang kini jadi lokasi PLTU. Mungkin belum banyak yang tau karna Lokasinya tersembunyi di balik bukit sebelah timur Teluk Bawur. Dari pantai Daki ini juga bisa anda saksikan wilayah PLTU beserta bangunan-bangunan dan Cerobong asapnya. Dan kedua wilayah ini di pisahkan oleh sungai dan Perbukitan. Dan jalan masuknya pun juga berbeda.

Pantai ini benar-benar indah dengan pancaran panoramanya yang terisolir oleh PLTU. Bak sebuah mutiara indah yang tersembunyi di balik bukit selatan Kecamatan sudimoro. Anehnya Pantai seindah ini belum ter ekpos di telinga para wisatawan atau travelers, bahkan dari warga Pacitan sendiri. Padahal pantai ini tidak kalah indah dari pantai-pantai lainya. Dan lokasinya Pun terbilang sangat dekat dari Jalur Lintas selatan. Mungkin wisatawan yang melintasi wilayah ini tidak tau keberadaan pantai ini. Karena jalan menuju Pantai juga belum ada Papan nama Penunjuk arahnya. Dan kemungkinan juga karna pandangan mereka teralihkan ke Lokasi PLTU nya.

Dari atas pantai daki sukorejo sudimoro pacitan Pasir putih pantai daki sukorejo sudimoro pacitan

Untuk alamat detailnya Pantai ini berada di Desa Sukorejo Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan Propinsi Jawa timur. Sangat dekat dengan akses Jalur Lintas Selatan atau JLS Pacitan - Trenggalek. Sedangkan rute ke lokasinya adalah sebagai berikut:

→ Dari arah mana saja melalui JLS Pacitan - Trenggalek, dan persimpangan ke pantai adalah setelah memasuki Kecamatan Sudimoro dan menujulah ke pasar Bawur (timur PLTU). Jalan ke pantai adalah pertigaan sebelah barat Pasar, kalau dari Pacitan kota sebelum pasar Bawur belok kanan, telusuri jalan aspal agak sempit itu hingga sampai di jembatan lalu belok kiri dan belok kiri lagi di jembatan berikutnya. Kemudian ikuti jalan makadam (berbatu) yang menanjak melewati bukit lalu turun lagi maka anda akan sampai di "Pantai Daki".

Lokasi 1 dari bukit pantai daki sukorejo sudimoro Landscape pantai daki sukorejo sudimoro pacitan
Kebun kelapa pantai daki sukorejo sudimoro pacitan Tebing kiri lokasi 1 pantai daki sukorejo sudimoro pacitan

Jalan menuju Pantai ini dari JLS awalnya sudah cukup bagus melewati aspal yang masih berkondisi baik, karna jalan ini sebenarnya merupakan jalan masuk menuju salah satu bagian dari PLTU. Jalan ini selanjutnya melewati jembatan yang alas/badan jalanya terbuat dari lempengan besi. Di sekitar lokasi ini ada aliran air yang sangat jernih, dan juga tampak bangunan megah PLTU dari jarak dekat. Dilanjutkan jalan makadam menaiki bukit dan turun lagi anda pun sampai dan akan di sambut hamparan pasir putih.

Pantai daki ini lokasinya cukup Lebar dan terdiri dari beberapa bagian perairan dan juga tebing karang yang memisahkan. Dan dari masing-masing lokasi yang bisa di kunjungi memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda di setiap lokasinya. Tempatnya masih sangat alami dan bersih.

Sampai lokasi Pertama anda akan menyaksikan hamparan lahan perkebunan Pohon Kelapa di lokasi yang cukup rata dan lapang. Di tempat ini anda bisa memarkirkan kendaraan anda di sela-sela pohon, mendirikan tenda, dan juga bisa berteduh sambil menikmati Keindahan Pantai. Lokasi ini sebenarnya masih satu bagian dari Pantai Bawur. Jadi pemandangan bangunan PLTU masih bisa anda nikmati dari sini. Lokasinya berpasir putih sangat cantik memanjang sekilas pasirnya mirip di pantai Pidakan.

Lokasi ke2 pantai daki sukorejo sudimoro pacitan Karang bolong lokasi 2 pantai daki sukorejo sudimoro pacitan
Bebatuan unik dan lokasi 3 pantai daki sukorejo sudimoro pacitan Bebatuan lokasi 2 pantai daki sukorejo sudimoro pacitan

Dan ciri khasnya adalah wilayah pasang-surutnya berupa batuan karang yang memanjang dan berlapis-lapis agak rata memanjang, dan ada kerikil atau bebatuan di beberapa bagian. Saat air surut batuan ini dapat kita telusuri untuk menyaksikan biota-biota laut di sela-sela atau cekungan karang. Jangan kawatir ombak menerjang, karna ombak terpecah karang sebelum sampai bibir pantai. Batas kiri lokasi ini adalah tebing hijau dan bagian kanan merupakan bangunan PLTU.

Puas disini anda bisa menuju kearah bukit kiri menyusuri pasir putih. Dilanjutkan melintasi jalan setapak naik. Di jalan kecil itu anda akan menemukan percabangan jalan kecil lagi. Dan pilih ke kanan atau jalan yang naik melintasi jalan sempit diapit tetumbuhan menuju tebing.

Tebing ini sangat indah diselimuti rerumputan hijau dan dibeberapa bagian terdapat Pohon Pandan yang bisa anda gunakan berteduh. Dari sini tampak lokasi pertama dengan bentangan pasir dan barisan pepohonan kelapa yang berjajar rapi. Tak kalah indah pemandangan lepas pantainya, tampak ombak besar menerjang tebing dan di tengah perairan ini tampak sebuah Karang diselimuti rumput hijau mirip pulau di lepas pantai. Dari sini anda juga bisa memancing dari atas tebing, atau berfoto-foto mengabadikan panorama indah ini. Puas disini anda bisa turun ke lokasi pantai yang kedua.

Adventure lokasi ke2 pantai daki sukorejo sudimoro pacitan Adventure bukit ke2 pantai daki sukorejo sudimoro pacitan
Adventure lokasi 1 pantai daki sukorejo sudimoro pacitan Adventure bukit 3 Pantai daki sukorejo sudimoro pacitan

Lokasi perairan kedua agak sempit dan kiri kananya di apit tebing karang. Lokasinya di dominasi bebatuan agak besar namun lumayan indah juga disini. Disini ada karang yang bolong namun hanya kecil tak seperti di Pantai Srau, juga tak ketinggalan banyak biota-biota laut disini.

Jangan lewatkan, kunjungi juga wilayah tebing di sebelah kiri lokasi kedua ini. Aksesnya sama melewati jalan setapak. Keunikan tebing ini adalah terdapat berbagai bentuk dan ukuran batu yang menghampar luas di sekitar belukar dan ilalang. Entah bagaimana proses terbentuknya, batu-batu ini bentuknya unik dengan pahatan-pahatan alam sedemikian rupa berdiri berbaris mendominasi tebing ini. Batu-batu ini juga ada di beberapa tebing di pantai srau, hanya saja lebih ekstrim di Pantai Daki ini.

Tak selesai di situ, karna di sebelah kiri tebing itu masih ada perairan lagi dengan ombak besar namun tidak bisa di kunjungi karna dari tebing langsung turun ke air tanpa lokasi pasir. Namun ombak yang menerjang karang itu kadang menyembur ke atas tebing dan terlihat sangat eksotis. Mungkin Pantai ini dan PLTU bisa di katakan jadi salah satu dari pantai Pacitan ujung timur menurut sebagian orang, tapi sebenarnya masih ada Pantai Ngobyok yang di klaim sebagai Pantai ujung Paling timur Pacitan yang ada di Desa Sumberejo Berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek.

Adventure bukit 2 Pantai daki sukorejo sudimoro pacitan

Demikian sekilas gambaran lokasi Pantai Daki. Dan untuk fasilitas wisata memang belum ada, karna memang belum di buka sebagai lokasi wisata resmi oleh pemerintah. Jadi persiapkan segala keperluan anda dari rumah. Ini sedikit kekurangan namun takkan menghalangi keindahan Pantai Daki ini.