Pantai-karang-bolong- pacitan gambar foto
PANTAI KARANG BOLONG [Sendang - Donorojo]

Selain di Anyer, Kebumen, Cilacap dan Banten, Kabupaten Pacitan Jawa Timur rupanya juga punya Pantai Karang Bolong. Karang Bolong di sini merupakan salah satu tempat wisata pantai yang mulai terkenal di Pacitan, selain Pantai Klayar dan Telengria tentunya. Bahkan letak pantai ini juga tidak jauh dari Pantai Klayar. Walau masih kalah bagus namun sekilas Pantai Karang Bolong ini mirip dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali, dan ini adalah Uluwatu versi Pacitanya.

Letak Pantai Karang Bolong berada di desa sendang kecamatan Donorojo. Sekitar 35 km ke arah Barat kota Pacitan. Sebuah kota yang berada di ujung Barat paling Selatan provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak sekali potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi meski sebagian belum terkelola.

pantai karang bolong pacitan tebing tengah pantai karang bolong pacitan tebing runtuh
pantai karang bolong pacitan arah barat pantai karang bolong pacitan petualangan
pantai karang bolong pacitan penjelajahan pantai karang bolong pacitan penelusuran

→ Akses jalan menuju Pantai Karang Bolong tidaklah sulit, jalur termudah adalah melalui jalan ke Klayar. Dengan melintasi jalur Pacitan - Solo, dan persimpanganya adalah di Pertigaan Punung (lihat papan penunjuk arah goa Gong). Dari arah Pacitan kota belok kiri, lalu ikuti jalan kearah Goa Gong ini hingga sampai di pertigaan besar. Lalu pilih belok kanan arah Goa Gong / pantai Klayar, sesampai di Parkiran area goa Gong ikuti jalur utama saja hingga sampai di perempatan kalak, lalu belok kiri arah desa Sendang ikuti terus jalan itu hingga sampai pertigaan dengan Papan penunjuk arah Pantai Klayar. Lalu beloklah ke kanan ikuti jalur klayar tersebut, dan kalau sudah sampai di lokasi Tiketing masuk Pantai Klayar, nah disitu lah jalan masuk Pantai Karang bolong adalah belok kanan pas didepan lokasi pos tiket masuk Klayar. Ikuti jalan belok kanan itu (masih jalan tanah pada januari 2016), tak jauh lagi maka anda akan sampai di "Pantai Karang Bolong"

Pasti anda tak akan bosan dalam perjalanan menuju pantai ini, karna mata akan dimanjakan oleh pemandangan khas pedesaan, rumah joglo, bebatuan karst, Goa-goa kecil, bukit-bukit, dan pegunungan hijau selama dalam perjalanan. Jalan khas pacitan yang berkelok-kelok naik turun di jalur utama Pacitan - Solo ataupun Pacitan - Trenggalek/Ponorogo, namun sudah cukup halus dan lebar, dan bersambung kondisi jalan yang mulai rusak di beberapa titik menjelang dekat Pantai menjadi tantangan tersendiri (terutama buat anda yang belum pernah ke Pacitan). Tetapi begitu sampai rasa lelah akan terobati dengan keindahan pantai yang benar-benar masih alami ini.

pantai karang bolong pacitan dari tebing runtuh pantai karang bolong pacitan dari kiri
pantai karang bolong pacitan dari kanan pantai karang bolong pacitan arah klayar

Sesampainya disini kita bisa menikmati keindahan laut lepas Samudera Hindia, dengan tebing-tebing hijau yang menantang ombak dengan ujung tebing menjorok kelaut. Pantai yang masih satu wilayah kecamatan dengan Pantai Buyutan ini dinamakan Karang Bolong karena dari salah-satu tebing yang menjorok ke laut terdapat beberapa lubang tembus ditengahnya, akibat kikisan ombak yang menghantamnya terus-menerus dalam waktu yang lama.

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya Karangbolong ini bukanlah sebuah pantai yang berpasir, melainkan hanya sebuah tebing yang menjorok ke tengah laut bagaikan tanjung. Dan tebing ini tidak bisa dituruni karna sangat curam dan di bawahnya juga merupakan Perairan yang dalam dengan warna biru gelap dengan ombaknya yang dahsyat. Jadi jangan harap anda bisa bermain air di sini.

pantai karang bolong pacitan landscape pantai karang bolong pacitan lubang kedua
pantai karang bolong pacitan jurang pantai karang bolong pacitan dari atas

Namun jangan kawatir karna masih banyak kegiatan yang bisa anda lakukan disini. Karena di atas tebing ini permukaanya datar luas di ujungnya dan memanjang. Di sekelilingnya juga di tumbuhi rerumputan hijau sehingga sekilas mirip sebuah lapangan dengan pohon-pohon kecil dan pandan di tepinya akan menambah keindahanya. Selain itu diatas tebing ini anda juga bisa memarkirkan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4. Dan anda yang berniat menghabiskan malam disini, anda bisa leluasa mendirikan tenda.

Sebenarnya banyak pinggiran tebing di sini yang bisa anda jelajahi. Selain tebing utama yang terdapat sekitar 3 lubang tembus, disisi kanan tebing juga terdapat karang berlubang lagi yaitu di sekitar bekas tebing yang runtuh beberapa waktu lalu. Lubang yang satu ini cukup jelas saat di lihat dari atas, jadi sangat pas jika anda jadikan background foto narsis anda.

pantai karang bolong pacitan tebing kiri pantai karang bolong pacitan pinggir tebing
pantai karang bolong pacitan pandan pinggir pantai karang bolong pacitan lepas pantai

Sedangkan disisi lain masih ada spot surganya Karang bolong yang tak kalah indah dengan tebing utama, yaitu Air terjun Karang bolong. Air terjun ini adalah muara sungai kecil yang ada di atas dan aliranya tetputus oleh tebing sehingga airnya langsung turun ke lautan. Dan lokasi air terjun ini ada di sebelah kanan tebing yang runtuh. Namun sayangnya air terjun ini bersifat musiman, jadi biasanya akan kering saat kemarau. Jika anda pernah menyaksikan air terjun yang eksotis ini mengalir deras berarti anda termasuk orang yang beruntung.

Daya tarik lainya dari Pantai Karangbolong yaitu sebagai obyek fhotografi. Spot Tebing Karang Bolong merupakan salah satu tempat favorit untuk lokasi hunting Photo disaat Sunrise maupun Sunset. Karena tebing disini letaknya ditengah laut dan menjorok ke arah selatan. Dengan suasana landscape yang sangat indah, ini adalah salah-satu kelebihan yang di miliki Pantai Karang bolong yang tidak dimiliki Pantai lain di Pacitan. Walau belum ada pengelolaan, Tapi ini malah menjadi suatu kelebihan dengan kealamianya yang berpadu keindahan dan ciri khasnya yang unik serta tampil beda dengan landmark yang tak ada duanya di Pacitan.

Pantai-Karang-bolong-2-pantai-pacitan Pantai-karang-bolong-1-pantai-pacitan
Pantai-karang-bolong-dari-atas-bukit-pacitan Pantai-karang-bolong-dari-arah-laut-pantai-pacitan-dari-perahu