gambar foto Bakung pantai pacitan
PANTAI BAKUNG PACITAN [Karangnongko - Kebonagung]

Kali ini kita akan membahas pantai Bakung, nama Pantai dari salah satu daftar pantai di Kebonagung Pacitan Jawa timur yang juga potensial. Pantai ini berada di Desa Karangnongko Kecamatan Kebonagung tepatnya di Dusun Kalitani. Dan juga masih bertetangga dengan pantai Pangasan dan Pantai Srengit.

Mungkin belum banyak yang tau tentang pantai ini maupun lokasinya, terutama wisatawan dari luar Pacitan karna memang letak pantai ini agak tersembunyi dan tidak Ada papan nama penunjuk arah ke pantai Bakung ini. Tapi keindahan pantai ini sungguh sayang jika anda lewatkan bila anda berkunjung ke Pacitan. Terutama jika anda melintasi jalur lintas selatan atau JLS rute Pacitan - Kebonagung.

Dari barat - Pantai Wisata Bakung Karangnongko Kebonagung Pacitan Dari atas - Pantai Wisata Bakung Karangnongko Kebonagung Pacitan
Tebing timur - Pantai Wisata Bakung Karangnongko Kebonagung Pacitan Selfie foto - Pantai Wisata Bakung Karangnongko Kebonagung Pacitan
narsis petualang - Pantai Wisata Bakung Karangnongko Kebonagung Pacitan Adventure pulau - Pantai Wisata Bakung Karangnongko Kebonagung Pacitan

Pantai ini bisa anda tempuh dengan kendaraan Roda Dua maupun Roda Empat melewati jalan beraspal lalu disambung rabat menjelang dekat pantai dengan rutenya sebagai berikut :

→ Dari Pacitan kota ke arah timur arah jalan Pacitan - Trenggalek melalui JLS, lewat jembatan sungai Grindulu setelah sampai pasar Arjowinangun lihat penunjuk arah. Ambil belok kanan arah Kebonagung terus ke Timur melalui JLS hingga sampai di jembatan Kali Jelok Desa Kayen 0. Di ujung jembatan ada perempatan, nah di situ anda belok kanan terus ikuti jalur utama. Jalan mulai sempit dan menanjak dan masuk gerbang perbatasan desa Karangnongko dengan pemandangan kiri dan kanan hamparan sawah khas pegunungan yang menakjubkan bagaikan di (ubud Bali). Terus aja naik hingga sampai di pertigaan arah desa kalipelus & karangnongko ambil arah kanan, maju sedikit beberapa meter trus ada pertigaan lagi kalau tidak salah waktu itu ada tugunya Pancasila. Dan ambil belok kiri trus ikuti jalur utama jalan rabat maka anda akan sampai di "pantai Bakung", atau kalu anda ragu anda bisa bertanya warga sekitar.

Bakung pulau unik - pantai pacitan Bakung adventure pantai pacitan
Ujung barat pantai bakung pacitan Karang tepi pantai bakung karangnongko pacitan
Sungai pantai bakung pacitan Srengit dan pantai bakung pacitan

Mungkin untuk sampai di pantai Bakung ini hanya menempuh perjalanan selama 30an menit, atau sekitar kurang-lebih 20 kilometer ke arah timur Pacitan dengan melewati Jalur Lintas Selatan, mendekati pantai perjalanya melewati hutan, dan di kiri-kanan di tumbuhi tumbuh-tumbuhan liar dan hanya pas untuk di lewati satu kendaraan roda 4 saja. Untungnya jalan sampai di pantai sudah rabat cor.

Pantai Bakung ini garis pantainya tidak terlalu luas. Keunikan dari Pantai Bakung ini adalah adanya batu cadas unik di tumbuhi pepohonan hijau bagaikan pulau kecil di lepas pantai yang menurut beberapa orang yang pernah kesana pulau itu berbentuk ikan Paus. Tapi bagi saya pulau itu lebih mirip dengan penyu atau kura-kura tampak dari samping dengan kepala dan cangkangnya di punggung, coba aja lihat fotonya.

Pulau pantai bakung pacitan Karang barat pantai bakung pacitan
Jembatan pantai bakung pacitan Dekat pantai bakung karangnongko pacitan
Pulau unik pantai bakung pacitan Tebing barat pantai bakung kebonagung pacitan

Selain itu, di sebelah timur terdapat semacam goa kecil entah itu apa yang berbatasan langsung dengan bibir pantai. Di situ juga ada genangan air seperti sungai, dan batu-batuan karang yang unik terpecah ombak menjadikan pahatan alam yang bagus dengan tekstur berlubang-lubang, dan ada satu bagian bebatuan yang ada celah dibawahnya atau berlubang tembus dan bisa di lalui ke sisi perairan yang lain . Suasana pantai yang sejuk dengan panorama tebing-tebing pepohonan hutan hijau.

Pantai ini juga di pakai untuk singgah perahu-perahu nelayan sekitar yang profesinya menangkap ikan di perairan ini. Menandakan bahwa pantai ini memiliki potensi perikanan yang banyak, juga penghasil lobster terlihat dari bekas cangkangnya di bakar di tepi pantai. Dan sepertinya pantai ini juga sudah di lengkapi tempat pelelangan ikan.

Dari atas pantai bakung pacitan Muara sungai pantai bakung karangnongko pacitan
Lubang batu pantai bakung karangnongko pacitan Bakung pulau-pulau indah - pantai pacitan alipz33.xtgem.com
Pulau Penyu / paus /hiu - Pantai Wisata Bakung Karangnongko Kebonagung Pacitan Bukit kiri pantai bakung kebonagung pacitan

Walaupun belum terkenal namun pantai Bakung tidak terlalu sepi, karna banyak warga sekitar yang beraktifitas disini. Tak ada ruginya anda mencoba membuktikan keindahan panorama pantai ini. Sepertihalnya pantai-pantai di Kecamatan Kebonagung lainya, pantai ini masih tergolong sangat virgin. Cocok untuk anda yang suka berpetualang menemukan lokasi-lokasi baru. Selain itu juga masih ada pantai virgin lainya yang masih bertetangga dengan pantai Bakung dan pantai ini berada di sebelah baratnya, yaitu Pantai Ngamburyang ada di Desa Plumbungan.

Pantai bakung-2 pacitan Pendaratan kapal pantai bakung kebonagung pacitan
Landscape pantai bakung kebonagung pacitan Laut lepas pantai bakung kebonagung pacitan