gambar foto Pantai-ngiroboyo pacitan
PANTAI NGIROBOYO [Sendang - Donorojo]

Akhir-akhir sebuah kabupaten kecil yang berada di sudut barat paling selatan propinsi Jawa timur yang juga merupakan kota kelahiran dari mantan Presiden RI yaitu Pak SBY mulai di kenal. Kota kecil ini mulai di kenal karna panorama alamnya yang begitu mempesona. Dengan keanekaragaman potensi wisatanya membuat kabupaten ini layak untuk anda jadikan salah satu tujuan berwisata anda di akhir pekan maupun di hari-hari libur.

Banyak sekali daerah pesisir kabupaten Pacitan yang memiliki kawasan dengan panorama pantai indah, bahkan 40an lebih pantai tersebar di sepanjang pesisir Pacitan yang sebenarnya memilliki potensi wisata mempesona. Hanya saja, belum semua wilayah pesisir tersebut terkelola secara resmi dari pemerintah daerah.
Selain karena keterbatasan infrastruktur, potensi wisata tersebut belum banyak dikenal misalnya seperti Pantai "Ngiroboyo" atau biasa juga di tulis Ngiriboyo atau Iroboyo. Keindahan sebuah pantai diwilayah dusun Sambi desa Sendang Kecamatan Donorojo kabupaten Pacitan provinsi Jawa - Timur itu tidak hanya cocok untuk wisata, namun juga olah raga dayung. Karna pantai ini terhubung dengan muara sungai Maron yang membentang luas memberikan nuansa berbeda bagi penyuka tantangan.

Landscape - Pantai Wisata Ngiroboyo Pacitan Pemandangan belakang - Pantai Wisata Ngiroboyo Pacitan
Dari atas - Pantai Wisata Ngiroboyo Pacitan Pasir hitam - Pantai Wisata Ngiroboyo Pacitan

Untuk menuju pantai ini tidaklah sulit, jalur termudahnya adalah melintasi jalur arah goa Gong - Klayar. Tapi sebenarnya ada 2 rute yang bisa dilalui :

~ Yang pertama Pantai Ngiroboyo ini bisa di akses melalui jalur ke Pantai Watukarung melewati jalur bus lewat atas pantai Telengria, lalau masuk Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku dengan ambil jalur arah Pantai Watukarung - Pantai Klayar namun jalanya agak sulit banyak tanjakan (akan melewati penunjuk arah ke Ngiroboyo) di kiri jalan.

~ Yang kedua yaitu lewat jalur ke Goa Gong, Darimana pun anda datang masuk jalur Pacitan - Solo, dan belok di Kecamatan Punung tepatnya Dekat pasar yaitu pertigaan ke Goa Gong, kalau dari Pacitan kota belok kiri. Ikuti jalan hingga sampai di pertigaan komplek Goa Gong, lalu belok kanan ikuti jalan ke Pantai Klayar atau Desa Kalak hingga sampai di perempatan kalak belok kiri. Ikuti terus jalan utama, ketika sampai di pertigaan ke Pantai Klayar, anda ambil jalan yang lurus aja hingga bertemu pertigaan dengan Papan penunjuk arah ke Pantai Ngiroboyo, dan belok kanan ikuti jalan yang di dominasi Rabat dan makadam itu, maka anda akan sampai di "Pantai Ngiroboyo"

Tebing Barat - Pantai Wisata Ngiroboyo Pacitan Tebing timur - Pantai Wisata Ngiroboyo Pacitan
Pantai-ngiroboyo-jalan-dekat-pantai-pacitan Pantai-ngiroboyo-gardu-pandang-pacitan

Menjelang dekat pantai anda akan melewati perbukitan dengan rerumputan hijau yang berbatasan langsung dengan laut selatan, ini sungguh indah cocok untuk objek fotografi. Kemudian sesampai di kawasan pantai anda akan menemui tanah lapang yang sangat leluasa untuk lokasi parkir.

Pertama menginjakkan kaki disini, rasanya hampir mirip dengan pantai Pacitan lainya. Tampak sebuah teluk kecil dengan di batasi bebatuan di sisi kiri dan kananya. Pasir pantainya yang berwarna putih agak kecoklatan tidak terlalu luas itu lengkap dengan ombaknya yang sangat dahsyat. Cukup brbahaya untuk berenang.

Namun menurut saya keunikanya bukan disitu. Tetapi keberedaan gardu pandang alami beratapkan ilalang itu yang menjadi ciri khas sekaligus keunikan Pantai Ngiroboyo. Gardu pandang ini berjajar rapi hampir di sepanjang bibir pantai, ini sangat pas untuk berteduh sabil menikmati sejuknya semilir angin pantai.

pantai ngiroboyo donorojo pacitan pantai ngiroboyo donorojo pacitan

Tak hanya itu keunikan yang dimiliki Pantai ini, jika anda berjalan ke sebelah kiri maka anda akan mememui sebuah sungai yang sangat indah. Ya ini sungai maron. Sungai ini juga menjadi satu paket dengan Pantai ngiroboyo. Dengan menyuguhkan keindahan airnya yang hijau membiru berpadu dengan pepohonan hijau di kiri-kananya.

Buat anda yang ingin menyusuri kali maron ini, anda bisa datang ke hilir sungainya di Desa Dersono. Jalanya dari pertigaan aspal ke jalan rabat dekat papan masuk Ngiroboyo tadi, ikuti aspal yang menuju Pantai Watukarung sampai bertemu jembatan yang di bawahnya merupakan aliran sungai Maron. Di situ anda bisa menghubungi warga sekitar yang menyewakan perahu untuk berpetualang menyusuri Sungai Maron hingga bermuara di Pantai Ngiroboyo.

Sampai di pantai ini anda juga bisa menyeberangi muara sungai untuk menuju bukit sebelah timur Ngiroboyo (ini bisa dilakukan saat air surut atau biasanya musim kemarau). Dari sini anda abisa menikmati pesona Ngiroboyo dari atas. Selain itu anda juga bisa melihat bebatuan Pantai Klayar lengkap dengan semburan Seruling Samudranya. Dan perlu diketahui jalan naik ini sebenarnya merupakan jalan pintas warga sekitar menuju ladang.

Bonusnya untuk anda yang suka berpetualang dari bukit sebelah timur ini anda bisa melanjutkan perjalanan ke sebelah timur menyusuri semak belukar dengan jalan setapak kemudian melalui ladang warga, dan tak jauh dari ladang warga anda akan menemukan lokasi Pantai lagi. Pantainya masih virgin berpasir putih dengan bebatuan karang di lepas pantai. Dari sini pula anda bisa melihat Pantai Watukarung dari kejauhan.

perjalanan dekat sungai pantai ngiroboyo donorojo pacitan gardu pandang 2 pantai ngiroboyo donorojo pacitan

Dan sebenarnya kalau anda berniat dari lokasi ini ke arah timur melintasi ladang warga lagi, maka di situ anda akan menemui pantai perawan lainya yaitu Pantai Ngalian, dan di timurnya lagi baru sampai di Watukarung dan kalau ketimur lagi akan menemui pantai perawan lainya dan juga sampai di Pantai Sruni. Ini semua bisa anda jelajahi dengan jalan kaki.

Dan opsi buat anda yang tak begitu suka berpetualang, selain jelajah ke bukit timur dan menyusuri sungai, anda juga bisa menikmati Keindahan Pantai Klayar dari sisi yang lain setelah pulang dari Pantai Ngiroboyo. Yaitu dari bebatuan tebing timurnya. Dari sini anda bisa menikmati keindahan Pantai Klayar dari ketinggian dan juga pas untuk menyaksikan sunset. Jalan ke tebing ini adalah pertigaan rabat yang bertuliskan "Pantai Ngiroboyo / Klayar", kalau dari arah ngiroboyo belok kiri sebelum pertigaan aspal arah Watukarung.

Demikian tadi sedikit keindahan dan aktifitas yang bisa anda lakukan di Pantai Ngiroboyo. Untuk selebihnya anda bisa langsung berkunjung ke sini untuk bisa menikmati keseruan-keseruanya. Selamat berkunjung...

petualangan dekat sungai pantai ngiroboyo donorojo pacitan adventure gardu pandang pantai ngiroboyo donorojo pacitan
menyeberangi sungai pantai ngiroboyo donorojo pacitan jelajah pasir pantai ngiroboyo donorojo pacitan