gambar foto pantai  banyu tibo pacitan widoro donorojo
PANTAI BANYU TIBO [Widoro - Donorojo]

Nama Banyu Tibo adalah nama yang berasal dari bahasa jawa, yang artinya "air jatuh" atau air terjun. Karna memang ada air terjun di lokasi pantai ini, yang menjadi ciri khas dari pantai Banyu Tibo yang tidak di miliki Pantai-pantai lain yang ada di Pacitan. Air Terjun Banyu Tibo ini berada di pinggir pantai dimana aliran airnya langsung mengalir ke pantai Selatan. Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada. Sumber mata air ini berasal dari mata air bawah tanah dari pegunungan karst yang berada di sebelah utara.

Lokasi pantai ini Terletak di sebuah Desa perbatasan Pacitan dan Wonogiri, tepatnya di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur, indonesia. Aksesnya Berjarak sekitar 110 km dari kota Solo. Dapat ditempuh dengan dengan kendaraan roda dua dan empat dengan kondisi jalan yang sudah beraspal baik.

Pantai-Banyu-tibo-dari-kanan-pantai-pacitan

Area pantai banyak digunakan penduduk untuk kegiatan memancing pada malam hari. Untuk memasuki pantai ini tidak dipungut biaya karena masih belum dikembangkan sebagai tempat wisata resmi, kecuali hari-hari tertentu misalnya hari libur. Mengenai penginapan, belum terdapat penginapan selain di kota. Karena pantai ini jauh dari kota maka anda bisa nge-camp atau izin menginap di tempat penduduk.

Karena pantai di sebelah barat Pantai Buyutan ini belum dikelola sebagai pantai wisata, maka jangan berharap ada fasilitas yang selayaknya ada di pantai wisata seperti toilet maupun warung, jadi jangan lupa untuk bawa bekal (pada waktu2 tertentu mungkin ada warung MCK dll, misalnya hari minggu atau liburan).

Tebing curam barat pantai banyu tibo pacitan Perbukitan atas pantai banyu tibo pacitan

Untuk menjangkau pantai ini tidak sulit. Rutenya sama dengan ke pantai klayar. Darimana pun anda datang menujulah ke Pasar Punung, kecamatan punung kabupaten pacitan. Akes paling mudah adalah dari solo atau yogyakarta. Untuk anda yang dari Jakarta bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus jurusan Jakarta - Pacitan. Jika berangkat dari Solo atau Jogja arahkan kendaraan ke arah pasar Punung.

Jalur termudah menuju Pantai Banyu Tibo adalah melalui jalur ke Goa Gong dengan rute sebagai berikut :

~ Dari jalan utama Pacitan – Solo, tepatnya di pertigaan dekat Masjid Besar Punung Lihat papan penunjuk arah (jika dari Pacitan setelah Pasar Punung). Dari pertigaan ini jika dari arah Pacitan Kota belok kiri, ikuti terus jalan aspal jalur Goa Gong. Setelah sampai kompleks Goa Gong, ada pertigaan pilih arah kanan terus ambil jalan jurusan Kalak (ada papan penunjuk arah). Sampai di perempatan Balai Desa Kalak, ambil kiri setelah melewati Pasar Kalak ketemu pertigaan, ambil jalan yang kanan arah desa Widoro, di setiap persimpangan tadi lihatlah penunjuk arah (sudah lengkap). Ikuti terus jalan ini sampai ketemu petunjuk arah yang mengarahkan ke Pantai Banyu Tibo. Dari petunjuk arah ini belok kiri selanjutnya melewati jalan yang sudah dirabat dua jalur. Mobil sebenarnya bisa masuk sampai tepi pantai ini, tetapi agak susah karena beberapa meter dari pantai, jalan rabatnya Cuma satu jalur. Lokasi parkirnya juga terbatas. Ikuti jalan itu Jika bertemu pertigaan lagi, ambil jalan yang kanan, ikuti terus jalan ini maka akan sampai "Pantai Banyu Tibo".

Bebatuanlokasi pasir 2 pantai banyu tibo pacitan Bebatuan mirip bibir goa pantai banyu tibo pacitan
Air terjuntangga lokasi pasir 1 pantai banyu tibo pacitan Air terjunlokasi pasir 3 pantai banyu tibo pacitan

Tiba di Pantai Banyu Tibo panoramanya sungguh luar biasa, apalagi buat anda yang baru pertama kali berkunjung, walau lokasinya cukup sempit terutama bagian pasir pantainya mungkin hanya selebar beberapa meter saja, sisanya adalah perbukitan yang di gunakan sebagai lokasi parkir dan tempat mendirikan warung-warung makan sederhana.

Pantai ini di dominasi bebatuan tebing karang, hanya ada pasir putih di dekat air terjun yang langsung mengalir ke laut, untuk ke bawah air terjun anda bisa melewati tangga. di dekat air terjun ini ada batuan karang yang bentuknya mirip bibir goa, dan sangat cocok untuk background saat berfoto. Di pantai pasir itu anda dapat bermain-main air laut, pasir putih, ber-foto dan sesudah itu bilaslah tubuh anda di bawah air terjun yang menyegarkan itu.

Pantai-banyu-tibo-dari-kiri-pantai-pacitan

Puas disitu, lanjutkan perjalanan kearah timur melalui atas air terjun jalanya cuma setapak melewati warung-warung penjual jajanan ,Dan di bagian timur lokasi ini ada hamparan bebatuan yang bisa anda telusuri sampai jauh kearah timur hingga ada 2 lokasi pasir lagi yang juga sempit, disana juga ada air terjunya namun tak sebagus yang tadi, dan lokasi ini jarang di kunjungi karna jalanya yang susah dan di waktu-waktu tertentu terisolir oleh ombak. Sepanjang bebatuan ini medanya cukup rata bekas kikisan air laut, batu ini agak licin namun cukup lebar untuk jalan-jalan. Dan sewaktu-waktu bisa saja ombak menerjang bebatuan ini, jadi anda harus tetap hati-hati.

Sudah sampai Pantai Banyu tibo jangan lupa ke kawasan sebelah kanan yaitu bagian barat pantai, bagian barat pantai hanya berupa jurang tebing batu, dibawahnya hanyalah bebatuan karang yang di hantam ombak-ombak besar, pas untuk menikmati pemandangan laut lepas Samudera Hindia dari atas. Dan diatasnya adalah lintasan jalan setapak merayapi tebing yang merupakan jalan menuju ke Pantai Kijingan yang sengaja dibuat oleh warga sekitar.

Pemandangan di sekeliling perbukitan di lokasi Pantai Banyu Tibo juga sangat mempesona, ketinggian bukit-bukit hijau yang menyejukkan mata, aliran sungai jernih yang mengalir ke air terjun, dan hamparan hijau area persawahan yang sangat dekat dengan pantai. Menjadikan pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup anda.

Batuan tebing banyu tibo Pacitan Pantai banyu tibo Pacitan
Banyu tibo karang sebelah timur Pacitan Pantai-banyu-tibo sungai-ke-air-terjun pantai-pacitan