gambar foto pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan
PANTAI WAWARAN NGOBYOK PACITAN [Sumberejo - Sudimoro]

Pantai Wawaran Ngobyok atau warga sekitar biasa menyebutnya hanya Pantai "Wawaran" saja atau TPI Sumberejo adalah sebuah pantai yang ada di Desa ujung paling selatan sekeligus paling timur Pacitan perbatasan Kabupaten Trenggalek, yaitu di desa Sumberejo, kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Di Pacitan ini ada dua nama pantai Wawaran, yang pertama Wawaran yang lebih dikenal yaitu berada di desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung. Dan yang kedua adalah Pantai Wawaran Ngobyok yang merupakan lokasi (Tempat Pelelangan Ikan) TPI desa Sumberejo Kecamatan Sudimoro yang akan kita ulas kali ini.

Dari atas pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan

Seperti yang kita tau Pacitan memiliki garis perairan laut yang cukup panjang. Membentang dari barat Kecamatan Donorojo sampai ujung timur Kecamatan Sudimoro. Dan di setiap desa di masing-masing Kecamatan yang memiliki wilayah di perairan laut selatan hampir semuanya memiliki Pantai-pantai dengan beragam keunikanya masing-masing. Dan tercatat sudah ada lebih dari 40 lokasi Pantai yang telah di identifikasi, salah satunya adalah Pantai Wawaran Ngobyok ini.

Secara administratif pantai ini Berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa timur. Dan tepat bereda di dekat perbatasan Kabupaten Trenggalek (tidak begitu jauh dari pantai Pelang).

Tebing kiri pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan Tebing kanan pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan
Perbukitan belakang pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan Pelelangan ikan pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan

Akses ke Pantai ini tergolong mudah karena jalan masuk pantai merupakan pemukiman warga dan juga jalan utama menuju TPI Sumberejo. Dan tak jauh dari lokasi pantai di lalui Jalur Lintas Selatan atau (JLS). Dan rute ke pantai Wawaran ini adalah sebagai berikut:

→ Dari arah mana saja melalui JLS arah Pacitan - Trenggalek memasuki Kecamatan Sudimoro lokasinya disebelah timur PLTU dan Pantai Daki. Persimpanganya adalah setelah sampai pertigaan jalan aspal yang ada papan nama bertuliskan "TPI SUMBEREJO" berdekatan dengan tugu besar "Persaudaraan setia hati terate" di kanan jalan menanjak kalau dari Pacitan kota (kalau dari arah Trenggalek turun tak jauh dari Gapura perbatasan). Ikutilah arah jalan beraspal baru 0 agak sempit itu belok kanan kalau dari arah Pacitan, telusuri saja jalur utamanya. Setelah mentok di pertigaan beloklah kekanan. Ikuti jalur utama (jalan aspal agak rusak) melewati pemukiman setelah ada pertigaan lagi belok kanan. Dan selanjutnya ikuti jalur utama (ikuti jalur aspal agak rusak) maka akan sampai di pantai "Wawaran Ngobyok".

Landscape pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan Bukit pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan
Pasir putih sebelah barat pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan Adventure pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan

Sampai di Pantai wawaran suasananya cukup nyaman dan agak sepi. Disini memang lokasinya benar-benar alami. Belum tersentuh modernisasi bisa dilihat dari lokasi di sekitar pantai. Yang terlihat hanyalah hiruk-pikuk warga nelayan sekitar yang beraktifitas di sekitar perairan ini.

Dari jalan masuk langsung bisa terilihat ada bangunan-bangunan tempat pelelangan ikan. Dan perahu-perahu beserta peralatan melaut di sekitar bangunan tersebut. Ini membuktikan kalau akses ke lokasi ini sebenarnya di bangun untuk menuju TPI, namun disamping itu sebenarnya pantai ini juga memiliki potensi wisata karna cukup indah.

Walau garis pantai tak begitu panjang namun pantai ini cukup indah dan memiliki beberapa keunikan. Panorama di sekeliling pantai cukup mempesona dengan bukit yang di dominasi pohon kelapa di belakang pantai. Beserta tebing yang mengapit di kiri-kanan perairan. Ombaknya cukup ganas namun tak sampai di bibir pantai karena terpecah karang.

Sebelah timur pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan Perahu pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan
Bebatuan barat pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan Adventure pantai wawaran ngobyok sumberejo sudimoro pacitan

Wilayah Pasang-surutnya adalah bebatuan karang dan juga pasir putih di pinggirnya. Uniknya waktu air laut surut terlihat sebagian kecil terumbu karang di di perairan dangkal ini. Dan cekungan-cekungan karang yang terisi air ini akan di huni berbagai biota laut seperti bermacam-macam ikan, bulu babi, bintang laut, kepiting, dan berbagai hewan molusca lainya. Semuanya akan terlihat jelas karna airnya jernih. Bebatuan karang disini sekilas mirip di Pantai Kali Uluh saat surut.

Untuk fasilitas wisatawan memang sangat minim. Mungkin hanya ada WC di lokasi TPI. Warung makan juga belum ada jadi disarankan membawa bekal sendiri. Maklumlah memang lokasi ini belum di kelola sebagai lokasi wisata. Namun keindahan dan keunikan Pantai ini akan menutup segala kekuranganya. Paling tidak bisa jadi pilihan buat anda yang hoby petualang menemukan tempat-tempat baru.