gambar foto pantai babakan tuguragung pacitan
PANTAI BABAKAN TUGURAGUNG [Dadapan - Pringkuku]

Pantai Babakan Tuguragung merupakan salah satu lokasi pesisir pantai Pacitan yang sangat menarik namun tak banyak orang yang mengetahuinya. Karna tempat ini juga belum di kelola secara resmi sebagai tempat wisata. Namun karna hal itulah yang membuat kawasan ini sepesial. Karna belum banyak yang tau, maka belum banyak orang yang bercerita mengenai lokasi dan keunikan Pantai Babakan Tuguragung ini. Sehingga anda akan kagum saat pertama kali mengunjungi tempat ini.

Sebenarnya pantai ini tidak begitu jauh dari Pantai Telengria. Namun akses jalanya yang memisahkan Pantai-pantai ini. Wilayahnya pun berbetasan, Telengria berada di Sidoharjo Kecamatan Pacitan sedangkan Laut Babakan berada di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan Jawa timur. Dari jalur laut mungkin berdekatan, namun saat melaliui perjalanan dengan kendaraan darat akan terasa jauh, karna jalan yang berkelak-kelok membuat jarak tempuh menjadi panjang.

Lapangan tembak pantai babakan tuguragung pacitan Dari atas pantai babakan tuguragung pacitan

Untuk sampai di tempat ini sebenarnya tidak begitu sulit, walau lokasinya agak jauh dari jalan raya dan tersembunyi di balik bukit. Karena jalanya berada di jalur propinsi atau di jalur Bus Pacitan - Solo/Jogja. Rutenya sebagai berikut :

• Kalau dari Kota Pacitan ambil ke arah Pantai Srau/Watukarung melewati jalur Selatan lewat dekat pantai Telengria atau Jalur bus. Ikuti terus jalan yang penuh tikungan itu hingga sampai di Monumen Jendral Sudirman Tumpak Rinjing. Dan anda lihat ada persimpangan jalan sempit ke kiri yang ada gapuranya dan menanjak, itulah jalan menuju Lapangan tembak yang juga ke lokasi Pantai babakan.

• Kalau dari arah Solo/Jogja lewat jalur punung ke arah timur, setelah sampai di pertigaan besar Kecamatan Pringkuku dan ada rambu jalur untuk jalur Bus ikuti arah kanan atau arah jalur untuk (roda 6 ke atas) itu, ikuti jalan itu hingga sampai pertigaan lagi ambil kiri arah pacitan jangan arah Pantai Srau. Terus hingga sampai di Monumen Sudirman yang di dominasi warna merah agak kecoklatan dan ada patungnya. Dan dari arah barat jalan ke pantai babakan adalah belok kanan jalur kecil jalan ke atas sebelum monumen itu.
    Ikuti jalan itu hingga sampai di jalan Rabatan, kalau ada percabangan ambil arah kanan dan ada Tanda panah pada (jalan rabatan) tiap persimpangan itu. Tanda itu hanya di gambar di rabatan memekai Cat Pilox, bisa saja saat anda berkunjung sudah terhapus karna terinjak-injak kendaraan yang lewat. Maka bertanyalah kepada warga sekitar saat anda mulai bingung, karna sepanjang jalan merupakan Pemukiman Warga. Tanyakan saja arah jalan ke lapangan tembak, pasti mereka mengetahui arah jalan ke lokasi tesebut.

Ujung timur pantai babakan tuguragung pacitan Ujung barat pantai babakan tuguragung pacitan
Sunset pantai babakan tuguragung pacitan Pantai barat pantai babakan tuguragung pacitan

Dan setelah sampai di lapangan tembak, maka anda akan terkagum saat menyaksikan pemandangan laut lepas laut selatan yang membiru dan sekeliling ada hamparan rumput hijau yang lapang dan bukit-bukit dengan suasana sejuk. Parkirlah kendaraan anda di sekitar lapangan tersebut, dan mulai resapi semilir angin khas pesisir laut (paling asyik sore hari) karna anda dapat menikmati sunset dari lokasi ini. sambil menunggu sunset datang maka anda wajib kunjungi dulu pantai di bawah bukit itu.

Jarak tempuh dari lapangan tembak untuk menuju pantai anda harus berjalan kaki sekitar 1,5 Km atau sekitar 15 menit. Kendaraan tidak bisa masuk ke area pantai karena jalannya hanya setapak, bahkan bagi yang baru berkunjung, harus berpegangan tali dari tetumbuhan yang hidup di bukit tersebut agar tidak terjatuh. Dari sekitar Pos Lapangan Tembak pergilah ke ujung selatan lapangan, ikuti jalan setapak menuruni bukit untuk menuju pantai. Banyak percabangan jalan setapak yang membingungkan, maka usahakan ambil yang arah kiri. Sebenarnya kalau ambil arah kanan juga sampai ke laut, namun bukan bagian dari pantai pasir. Hanya bebatuan karang namun sangat indah dengan cekungan-cekungan karang yang terisi air laut mirip sumur dan bisa di gunakan berendam untuk ukuran orang dewasa (mirip bak mandi). Bahkan di saat-saat tertentu ada air terjun dari atas bukit dibagian lokasi itu.

Ombak Karang pantai babakan tuguragung pacitan Bebatuan barat pantai babakan tuguragung pacitan

Namun lebih Di sarankan ambil arah kiri tiap percabangan agar sampai di pantai babakan dengan hamparan pasir di tepi pantainya. Di sisi kiri dan kanan jalan menuju pantai itu di tumbuhi semak belukar dan pohon-pohon kecil yang menjadi pemandangan langka yang mungkin belum pernah anda saksikan di jalan-jalan menuju pantai lain. Disarankan, mengunjungi kawasan pantai ini bersama dengan rombongan yang banyak, agar tak tersesat maupun tidak bertemu hewan liar seperti monyet dan hewan-hewan lainnya 0. Dan saat tiba di pantai Babakan Tuguragung, anda serasa menatap taman safari di Bogor, karena arena pantai ini berhadapan langsung dengan perbukitan yang hampir semua permukaan bukitnya diselimuti berbagai macam flora dan fauna.

Menjelang sampai pantai kondisi jalan setapak semakin curam dan licin jadi harus lebih ekstra hati-hati. dan alat bantu turun ke bawah hanya ada seutas tali di beberapa titik saja. Sekitar 15 menit menuruni jalan setapak kita akan sampai di pantai yang didominasi batu-batu karang. Pantai Babakan Tugurangung memiliki karakteristik berupa batuan karang hasil abrasi laut yang memecah karang. Akibat abrasi ini menciptakan beberapa pahatan alam menjadikan batuan karang di sepanjang pantai ini menjadi penyejuk mata.

Edi galau pantai babakan tuguragung pacitan Adventure pantai babakan pantai pacitan

Garis pantai sekitar 500 meter. Di bagian barat merupakan pantai pasir dengan batu-batu karang, sedangkan di bagian timur hanya berupa batu-batu karang. Di sela–sela batu karang dengan air yang jernih, ikan–ikan bebas berenang dan berekspresi di beningnya air laut. Selain ikan, rumput laut yang terletak di pinggir pantai juga dihiasi dengan biota laut lainnya, seperti kerang dan keong yang menambah keindahan alam pantai Babakan Tuguragung.

Secara umum pantai babakan sangat bersih karena jarang dikunjungi orang. Seperti halnya Pantai Patuk yang juga masih bertetangga dekat, pantai Tuguragung juga termasuk masih sangat perawan. Aksesnya yang sulit membuat pantai ini hanya cocok untuk wisata petualang. Pas buat anda yang suka berpetualang dengan medan-medan ekstrim. Namun jangan lupa untuk membawa bekal minimal air putih, karna medan yang ekstrim dengan jalan kaki dan pendakian bukit waktu balik ke atas, akan sangat menguras tenaga. Namun di balik itu semua keindahan lokasi ini akan membayar lunas usaha keras anda. Bagaimana, apakah anda penasaran!? Jangan lupa mampir lokasi ini saat anda melintasi rute Telengria - Pantai Tamperan - Pantai Srau, karna pantai ini ada di tengah-tengahnya. Selamat berpetualang....

Aliff pantai babakan pantai pacitan Edi lapangan tembak pantai pacitan
Petualangan bukit babakan pantai pacitan Babakan petualangan pantai pacitan